Kamis, 21 Oktober 2010

Sate Kelinci Bang Doel Tinalan UWEEENAKKKK

Satu lagi kuliner di daerah kita kediri. Tepatnya di Jl. Mayjend Panjaitan – Tinalan dari RS Baptis ke selatan sebelum pertigaan. Warung ini menyediakan olahan dari Kelinci seperti Sate kelinci, Gule kelinci, Kepala Kelinci. Menu lainnya adalah Sate kambing, gule kambing, Kikil, Sate jamur.
Kali ini kita pesan Sate kelinci dan gulai kelinci. Seumur-umur baru tahu ada warung jual gule kelinci, apalagi tadi lihat ada menu kepala kelinci. Maaf saya tidak sanggup untuk memakan kepala kelinci :D .

Tak lama kemudian seporsi sate kelinci dan gulai kelinci datang. Sate kelinci dilengkapi sambal, bawang merah dan jeruk nipis buat gulenya. Rasa satenya lumayan.. rasanya mirip sate ayam.

Sate kelinci tinalan kediri

Sate kelinci tinalan kediri

Gulekelinci tinalan kediri

Gule kelinci tinalan kediri

.. trus gulenya juga khas, rasanya lain dengan gulai kambing. Tulangnya juga cukup lunak, jadi yang suka cakot-cakotan jangan lewatkan gule kelinci ini. Satu porsi cukup banyak jadi lebih baik bawalah teman :)

Jadi ingat Bawang merah yang selalu ada di menu sate. Bawang merah mentah ini kaya zat anti oksidan dan tujuannya sebagai penyeimbang sate yang “berat”, salah satu kearifan lokal dalam makanan. Seperti daun singkong di masakan padang yang berlemak dan pedas dan juga acar mentimun di nasi goreng. Jadi usahakan dimakan ya :)

Katanya ada satu lagi warung sate kelinci yang maknyuss di daerah Boto – Sidomulyo – Wates. Ada yang udah coba?

Warung Sate Bang Doel

Lokasi: Jl Mayjend Panjaitan Kediri

Harga:
Sate kelinci: Rp 10.000, gule kelinci Rp 5000

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008