Sabtu, 03 Juli 2010

Simpang Lima Gumul Kediri

PETA MONUMEN
Monumen Kediri

Pernah mendengar nama Arch D’ Triomphe? Bangunan bersejarah yang berdiri menjulang di Paris, Perancis ini, sekarang bisa kita temui di Kediri, tepatnya di tengah Jalan Simpang Lima Gumul. Bedanya, bangunan yang ada di Kediri memiliki sentuhan tradisi Kediri yang kental. Karena sesuai dengan desain awalnya, Monumen Kediri dibangun dengan membawa spirit sejarah berdirinya Kabupaten Kediri. Sehingga, monumen ini diposisikan tepat ditengah lima jalur jalan arah Pare, Kediri, Losoklaten, Menang, dan Pesantren. Di beberapa sisi monumen, kita juga bisa menemui relief cerita rakyat dan diorama.
Monumen Kediri memiliki luas bangunan 804 meter persegi, di tumpu tiga tangga setinggi 3 meter dari dasar pura, dan tinggi 25 meter. Sehingga, jika kita naik ke atap, kita bisa melihat seluruh area pusat perdagangan yang total memiliki luas 37 hektar, sekaligus panorama Kediri. Angka luas dan tinggi monumen juga mencerminkan tanggal, bulan, dan tahun, hari jadi Kabupaten Kediri, 25 Maret 804 Masehi.
Rencananya, monumen yang dibangun di sebidang tanah yang lokasinya berjarak dua kilometer dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Kediri ini akan jadi ikon pusat perdagangan Kabupaten Kediri. Pusat perdagangan terbesar di Jawa Timur sisi Barat yang diberi nama Pusat perdagangan (Trade Centre) Simpang Lima Gumul (SLG) ini nanti akan dilengkapi dengan hotel, mall, pertokoan, grosir, gedung kesenian, pertokoan, produk unggulan, cinderamata Kediri, play ground, Pusat Informasi Perdagangan dan Pariwisata. Sedang di dalam monumen, akan ada mini market, gedung pertemuan dan resto.

Design by infinityskins.blogspot.com 2007-2008